Selasa, 02 September 2014

Pemanfaatan Hardisk Bekas

0 komentar
JAM MEJA DARI HARDISK BEKAS
A.    PENGERTIAN UMUM

Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai magnetik pada piringan mental yang berputar yang terintegrasi.


  
Gb.1 Hardisk
Atau dapat diartikan dengan cakram keras. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan opersai baca tulis data ke piringan, hardisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjutnya bergerak mencari sector-sektor tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.


   
Gb.2 Bagian – bagian Hardisk
Hardisk merupakan median penyimpan yang didesain untuk dapat diguanakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan hardisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan hardisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu lebih baik daripada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program apilikasi. Hali ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut. Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar. Data sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Hardisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunkan kabel USB ataupun FIRE WIRE. 




B.     PEMANFAATAN  HARDDISK  BEKAS

Untuk semua teman-teman yang mempunyai hardisk bekas, jangan langsung dibuang. Karena apabila dibuang itu hanya akan menambah daftar sampah yang ada dilinkungan kita. Bahkan sampah hardisk bisa menjadi sampah yang permanen. Untuk mengatasi masalah itu, kita bisa memanfaatkan hardisk tersebut menjadi barang yang lebih bermanfaat dan mempunyai nilai seni yang cukup tinggi. Contohnya “ JAM MEJA KERJA HARDISK” , kita dapat memanfaatkan hardisk bekas tersebut menjadi jam meja yang unik.

  
Gb. 3 Jam Meja dari Hardisk bekas
Untuk lebih jelasnya, mari kita simak cara-cara pembuatan jam meja yang sangat sederhana namun yang unik ini.


A.    ALAT  DAN  BAHAN

1.      Hardisk Bekas  
2.      Obeng +
3.      Lem
4.      Mesin jam
5.      Catut
6.      Baterai
7.      RAM / Memori







D.    CARA PEMBUATAN

1.      Buka tutup hardisk dengan obeng + dan apabila ada baut segilimanya gunakan obeng segilima.
                              Gb.5 Komponen Hardisk
2.      Lihat semua isi onderdilnya.
3.      Keluarkan satu per satu isi harddisknya. Yang utama adalah piringan hardisknya.
4.      Rangkai piringan tadi menjadi petunjuk jamnya.
5.      Masukkan mesin jam ke dalam piringan hardisk.
6.      Lem piringan hardisk dengan mesin jam.
7.      Pasang semua jarum jam ke dalam mesin jam.
8.      Lem RAM pada bagian belakang hardisk untuk menyangga agar jam tidak roboh.
9.      Untuk mempercantik tampilan, kita bisa memanfaatkan semua onderdil hardisk tadi sebagai accessoriesnya.

Leave a Reply