Selasa, 02 September 2014

7 Tingkatan Hacker

0 komentar

Dalam dunia komputer dan internet, hacker bukan nama yang akrab. Pekerjaan adalah untuk hack data, informasi atau sistem keamanan untuk mengontrolnya. Dalam tingkatanya, ternyata Hacker dibagi menjadi beberapa kelompok. Apa itu?


1 Script Kiddies (Script Kiddies)
Kelas ini adalah kelas pemula atau newbie yang melakukan hacking website atau sistem lain dengan menggunakan program yang telah dibuat oleh hacker sebelumnya dan berpengalaman.

Script Kiddies hanya menggunakan program ini tanpa harus mencoba membuat program baru. Mayoritas, mereka hanya mengerti konsep dasar hacking saja. Sebagian besar Script Kiddies melakukan tindakan atas dasar penipuan dan tidak melakukannya untuk alasan tertentu. Diperdebatkan seperti pencarian identitas dalam dunia hacking.


2 Hacking Grup (Hacking Group)
Hacking Group adalah kumpulan orang-orang juga Script Kiddies bersatu untuk tujuan tertentu. Mereka akan merasa lebih kuat jika daya, pengalaman dan kemampuan yang mereka telah bergabung dalam satu kelompok.

Mayoritas orang-orang di Hacking Grup bertindak dengan tujuan khusus tentu saja selain untuk mencari popularitas, mereka juga membuat keuntungan. Dalam Hacking Grup masih diklasifikasikan dalam beberapa kategori seperti Defacer, Cracker dan Carder.

Defacer adalah kelompok yang suka mengubah tampilan website dengan tujuan untuk menunjukkan eksistensi kelompok dan untuk menyuarakan aspirasi mereka.

Cracker adalah kelompok yang tidak fokus pada penyerangan sebuah website. Kelompok ini hanya ditujukan untuk mencari celah software berbayar yang dapat digunakan secara bebas dan gratis.

Carder adalah kelompok hacker yang berfokus pada toko online atau bank. Dengan membuka toko online atau bank, mereka akan mendapatkan informasi kartu kredit pelanggan sehingga mereka dapat digunakan untuk berbelanja barang lain yang mereka butuhkan.


3 Hacktivist (Hacktivist)
Hacktivist adalah sekelompok orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Mereka rata-rata memiliki keahlian, keterampilan dan pengalaman yang tinggi. Satu kelompok diadakan tindakan dengan tujuan-tujuan politik dan sosial. Salah satu contoh saat ini adalah Anonymous hacktivist terkenal yang juga memiliki 'cabang' di setiap negara.


4. Black Hat Professionals (Black Hat Professionals)
Kelompok ini adalah kelompok yang pandai coding. Kelompok ini tidak dapat dimusnahkan atau terlalu mudah ditemukan. Mereka akan terus tumbuh dan berkembang. Rata-rata, kelompok ini merupakan musuh pemerintah dan pengusaha.


5. Organisasi kriminal (Organized Criminal Gangs)
Kelompok satu ini bisa dibilang kelompok berbahaya karena mereka secara langsung di bawah geng kriminal. Orang-orang dalam kategori ini adalah orang-orang yang memiliki keahlian dalam pilihan atas rata-rata. Mereka bertindak polisi-akan begitu halus sulit untuk mendeteksi atau menangkap dengan baik.


6 Negara Bangsa (Nation States)
Satu kelompok bisa dibilang lebih terorganisasi dan tersembunyi. Dalam aksinya mereka menargetkan infrastruktur penting seperti milik negara, publik, keuangan dan militer. Salah satu contoh adalah munculnya virus api yang bisa membuat sebuah adegan di tengah pemerintah Iran pada tahun 2012 lalu.

7 Alat automatis (The Automated Tool)
Orang-orang yang jatuh ke dalam kategori ini adalah para pembuat virus berbahaya yang dapat menginfeksi sebuah website atau juga program untuk perangkat elektronik tertentu (PC dan perangkat mobile). Kelompok ini juga dibagi ke dalam kategori berdasarkan tingkat pengalaman dan kemampuan.

Menurut Bankofsecurity.com, untuk menangkal serangan dari tujuh kelompok diharapkan memahami karakteristik para penyerang terlebih dahulu sebelum membuat pencegahan atau pertahanan juga.


Komentar, kalian ada di peringkat berapa..? 

Leave a Reply